Kamis, 21 Juli 2011

MUSIK POP



David Archuleta - Something 'Bout Love ~ Really Love This Song =]

Dari sekian banyak jenis aliran musik yang telah disediakan oleh para musisi, musik pop memang menjadi jenis aliran musik yang paling banyak memiliki peminat.

Ciri Khas

Music pop memiliki ciri khas berupa musiknya yang easy listening, konsepnya fleksibel/luwes, memiliki lirik sederhana dengan bagian-bagian melodi yang pendek, variatif, mudah diingat, dirasakan, dan dimainkan, penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass, biasanya, para musisinya juga menambahkan aksesori musik dan gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan pemahaman bagi para penikmatnya, mudah populer tetapi juga cepat terlupakan.

Ada lagi ciri- ciri yang berdasarkan harmoninya, musik pop terbagi menjadi musik pop standard dan musik pop kreatif. Sedangkan berdasarkan lirik-lirik yang berpengaruh pada harmoninya, terdapat pada musik pop balada.

a. Musik Pop Standar

Ciri-ciri:

- Melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik

- Sangat fleksibel jika dipadukan dengan jenis style lain

- Lagu umumnya mudah disenandungkan dan diserap

- Harmoni tidak terlalu rumit

- Tempo bervariasi

b. Musik Pop Kreatif

Ciri-ciri:

Musik Pop kreatif adalah musik pop yang memiliki keunikan dalam ritme, melodi, harmoni, instrumen, gaya dan lirik karena keterpaduannya dengan gaya musik yang lain, seperti klasik, rock, jazz.

c. Musik Pop Balada
Ciri-ciri:
- Mirip dengan Musik Pop
- Tempo bervariasi
- Pola melodi bervariasi karena dibuat untuk kepentingan lirik
- Lirik cenderung Ekspresif, sindiran (jenaka, sedih, keras), serta berkisah tentang rasa sosial dan suka duka kehidupan

Sejarah Music Pop

Musik pop muncul pertama kali di awal tahun 1990-an, tepatnya antara 1920 hingga 1926. Pada tahun 1920, rekaman tentang musik pop ditemukan oleh Thomas Edison. Enam tahun kemudian, istilah musik pop mulai banyak dikenal masyarakat.

Istilah musik pop sendiri awalnya digunakan untuk menyebut satu jenis genre music yang dipercaya memiliki daya tarik populer. Sebuah aliran musik baru yang berusaha untuk dibedakan dari musik-musik yang sudah ada sebelumnya. Seperti, musik klasik, musik jazz, musik blues, dan musik rakyat atau folk.

Hatch and Millward mengatakan bahwa musik pop ibarat sebuah “tubuh”, yang sama sekali harus dibedakan dari “tubuh-tubuh” yg lain, seperti jazz dan folk. Meskipun musik pop tidak lepas dari pengaruh musik lainnya, seperti klasik, jazz, dan rock, musik pop adalah salah satu “tubuh” yang berbeda. Musik pop memiliki karakter dan dapat berkembang dengan sendirinya.

Pada 1950-an musik pop mulai banyak dibawakan oleh para musisi. Musisi yang cukup terkenal dengan nuansa pop di zamannya adalah The Beatles, Rolling Stones, dan ABBA. Menurut Grove Music Online, istilah musiK pop disebutkan bersaing dengan beat music dari inggris. Salah satu aliran musik yang terkenal di Inggris. Sedangkan, masih menurut Grove Music Online, di Amerika sendiri, musik pop dinilai masih tumpang tindih dengan gaya musik rock and roll. (http://www.anneahira.com/musik-pop-17405.htm)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com / Header Butterfly by Pixels + Ice Cream